5 Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah, Ampuh daengan Cara Alami

Date:

Share post:

Kaki anda pecah-pecah? Jangan kuatir sebab terdapat cara mudah untuk mengatasinya. Simak 5 cara mengobati kaki pecah-pecah dengan cara alami dan mudah.

Masalah kaki pecah-pecah bukan berarti kaki yang pecah seperti kaca yah? dimana kaki pecah-pecah merupakan masalah kulit kaki yang terlihat seperti pecah-pecah. Masalah ini bisa menimpa siapa saja dimana penyebabnya di sebabkan karena berbagai alasan seperti jarang menggunakan pelembap kaki, berdiri selama berjam-jam, kebiasaan berjalan tanpa alas kaki, hingga salah menggunakan sabun.

Walaupun masalah kaki pecah-pecah ini bukanlah penyakit yang serius, tetapi hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan bisa membuat rasa nyeri hingga luka apabila dipaksakan.

Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Menggunakan Krim Kaki

Cara pertama mengobati kaki pecah-pecah yang adalah dengan menggunakan krim kaki yang dijual di pasaran atau apotek untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Adapun kandungan dalam krim kaki dapat mengatasi kulit kapalan atau tebal, melembabkan serta menjaga kulit agar tidak kering dan selalu terhidrasi. Tidak perlu kuatir masalah harganya, sebab umumnya krim kaki hanya dihargai murah dan terjangkau.

Menggosokkan Tumit yang Pecah-Pecah Menggunakan Batu Apung

Sekedar informasi, batu apung memiliki manfaat untuk mengelupaskan kulit mati dan keras yang ada di kaki. Caranya adalah dengan merendam kaki di air sabun selama 5 menit, kemudian menggosokan batu apung secara perlahan ke kaki yang pecah-pecah selama 2-3 menit.

Baca juga  Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur Secara Alami

Jangan Mandi Menggunakan Air Dingin

Perlu anda ketahui bahwa mandi menggunakan air hangat terlalu sering ternyata tidak disarankan untuk pemilik kulit kering dan kaki pecah-pecah karena hal tersebut hanya membuat kulit kaki semakin kering. Maka dari itu, usahakan untuk mandi dengan air dingin atau bertemperatur ruangan.

Rendam Kaki Dalam Campuran Air Hangat, Lemon, dan Garam

Lemon bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit, sedangkan garam berkhasiat mencegah infeksi timbul pada kaki. Caranya menggunakannya yaitu campur air hangat, perasan lemon, dan garam ke dalam wadah.

Selain berkhasiat untuk mengobati tumit kaki pecah-pecah, merendam kaki juga dapat membantu merelaksasikan otot-otot, membantu menciptakan rasa nyaman dan menghilangkan ketegangan tubuh.

Oleskan bawang putih dan madu

Mengoleskan bawang putih dan madu bisa menjadi cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah secara alami. Kandungan antibakteri dan antimikroba di dalam dua bahan ini dilaporkan dapat membantu melembapkan kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Untuk memanfaatkannya, anda bisa memarut 4 siung bawang putih terlebih dahulu, kemudian campur dengan sedikit air bersih kemudian bisa anda oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah pada malam hari sebelum tidur.

Saat bangun tidur keesokan harinya, bersihkan tumit dengan air dingin dan oleskan madu setelahnya untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Oleskan masker pisang

Pisang juga bisa membantu mengatasi kaki yang pecah-pecah dimana anda anda bisa menghancurkan pisang kecil dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh madu di dalamnya. Kocok dengan baik hingga menjadi pasta atau gel.

Anda bisa mengoleskan pasta ke seluruh tumit kaki yang pecah-pecah dan gosok perlahan. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut hingga beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga  Cara Mudah Mengatasi Overthinking Untuk Tips Kesehatan Mental

Sekedar informasi, pisang adalah pelembab kulit alami yang mengandung vitamin A, B6, dan C, yang semuanya membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

Menggunakan Pelembab Kaki Sebelum Tidur

Dan rekomendasi cara mengobati kaki pecah-pecah yang pertama adalah dengan menggunakan pelembab kaki sebelum tidur yang merupakan cara efektif agar kaki anda yang pecah-pecah tetap lembab. Anda bisa menggunakan petroleum jelly atau minyak kelapa yang sangat berkhasiat sebagai pelembap.

Adapun cara menggunakannya sangat mudah dimana anda bisa mengoleskan pelembab di kaki sebelum tidur di malam hari, kemudian anda bisa membungkus kaki dengan menggunakan kaus kaki yang nyaman dan biarkan semalaman.

Demikian informasi mengenai cara mengobati kaki pecah-pecah dengan cara alami dan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang mengalami kendala serupa.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...