5+ Aplikasi Pendamping Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Ibu dan Janin

Date:

Share post:

Pada tahap kehamilan sudah sepatutnya untuk selalu memantau kesehatan janin dan juga ibunya sendiri agar proses kelahiran berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk membantu anda para ibu hamil, simak 5 aplikasi pendamping ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang bisa anda simak pada artikel kami kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, proses kehamilan seorang ibu merupakan momen membahagikan bagi seluruh keluarga termasuk ibu hamil itu sendiri maka sudah selayaknya agar menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dan calon bayi agar bisa tetap sehat tanpa kendala yag berarti. Maka dari itu, pentingnya untuk rutin melakukan konsultasi dan pengecekan kepada dokter maupun bidan agar proses kehamilan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan “bantuan” lain untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dengan menggunakan aplikasi pendamping ibu hamil yang bisa anda download di HP anda dan bisa anda akses kapan saja. Dimana aplikasi-aplikasi ini akan memberikan saran, memberikan edukasi, hingga melakukan monitoring dan berbagai hal lainnya.

Bagi anda yang penasaran aplikasi pendamping ibu hamil apa saja yang menjadi rekomendasi untuk digunakan? Maka simak beberapa rekomendasinya sebagai berikut.

Aplikasi Pendamping Ibu Hamil

Aplikasi Pendamping Ibu Hamil

BukuBumil

Aplikasi pendamping ibu hamil yang pertama untuk anda gunakan adalah aplikasi bernama Bukumil dimana aplikasi khusus untuk ibu hamil ini dapat membantu mengetahui perkembangan janin setiap minggunya. Selain itu, terdapa pula tips kehamilan berupa artikel mengenai asupan khusus ibu hamil, gejala normal kehamilan, serta panduan persiapan proses kehamilan.

Baca juga  Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan secara Online yang Mudah dan Anti Ribet

Dan istimewanya, aplikasi BukuBumil juga menyediakan playlist musik klasik dan audio lantunan ayat suci Al-Qur’an yang direkomendasikan untuk meningkatkan kecerdasan otak janin. Selain itu, kelebihan aplikasi BukuBumil juga terletak pada pengingat untuk mengonsumsi air putih yang direkomendasikan setiap harinya. Bagi anda yang tertarik menggunakannya, anda bisa mendownloadnya langsung dari playstore bagi anda pengguna perangkat anddroid.

Contraction Timer & Counter 9

Aplikasi Contraction Timer patut menjadi pertimbangan bagi Ibu untuk mengetahui seberapa lama dan seberapa sering terjadinya kontraksi menjelang waktu persalinan. Aplikasi ini akan memberikan informasi jarak dan waktu setiap kali kontraksi terjadi.

Cara kerja aplikasi ini cukup mudah. Ibu hanya perlu memasukkan data kontraksi, lalu aplikasi akan mengubahnya menjadi informasi perkiraan waktu kelahiran. Dengan adanya notifikasi yang diterima, Ibu dapat lebih sigap dalam menyiapkan persiapan kelahiran. Aplikasi Contraction Timer & Counter 9 bisa diunduh di Android atau iOS.

Glow Nurture

Aplikasi selanjutnya yaitu Glow Nurture dimana aplikasi ini menyediakan informasi tentang perkembangan janin selama trimester pertama secara menyeluruh. Di dalam Glow Nurture juga ada fitur reminder yang bisa mengingatkan ibu untuk melakukan jadwal pemeriksaan dengan dokter, serta jadwal konsumsi obat selama kehamilan jika diperlukan.

Dalam fitur health awareness log, Ibu bisa menemukan berbagai pengetahuan mengenai janin dan tips seputar kehamilan. Selain itu, Ibu juga bisa membaca kurang lebih 1.500 artikel kehamilan untuk menambah wawasan. Bagi anda yang tertarik menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengunduh aplikasi Glow Nurture baik di Android maupun iOS.

MommyMeds

Perlu anda catat bahwa selama hamil atau menyusui, maka ibu harus berhati-hati dalam mengonsumsi sesuatu meskipun itu adalah obat-obatan. Dengan aplikasi MommyMeds ini membantu Ibu mengetahui apakah obat tertentu boleh dikonsumsi atau tidak. Aplikasi ini memiliki database lebih dari 20.000 obat-obatan.

Baca juga  Tips Cara Menyembuhkan Ambeien secara Alami dan Medis

Aplikasi MommyMeds juga memberitahu fungsi dari setiap obat, efek samping yang harus diperhatikan, dan apakah obat tertentu boleh dikonsumsi selama hamil dan menyusui atau tidak. Bagi anda yang berminat menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengunduh aplikasi ini di Android maupun iOS.

HiMommy Pregnancy Tracker

Dan rekomendasi aplikasi pendamping ibu hamil terakhir adalah aplikasi bernama HiMommy Pregnancy Tracker. Aplikasi ini memiliki warna serta interface yang cukup mudah digunakan dan sangat sederhana namun bermanfaat karena memberikan informasi dan pengetahuan dasar seputar kehamilan.

Aplikasi HiMommy Pregnancy Tracker juga menyediakan informasi seperti apa saja yang perlu dibawa ke rumah sakit ketika hari persalinan. Anda dapat mendownload aplikasi HiMommy Pregnancy Tracker secara gratis di Android maupun iOS.

Demikian informasi mengenai aplikasi pendamping ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda para ibu untuk selalu menjaga kesehatan anda dan calon bayi anda.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...