2 Cara Mengunci Aplikasi di HP Android, Dengan atau Tanpa Aplikasi Tambahan

Date:

Share post:

Apakah anda mencari cara mengunci Aplikasi di HP android? Dengan begitu maka privasi di HP anda pun akan lebih terjaga dari tangan-tangan yang jahil atau kepo.

Seperti yang kita ketahui bersama di HP saat ini bukanlah hanya sekedar alat untuk melakukan atau menerima panggilan, maupun menerima atau mengirim SMS dimana HP telah “menjelma” menjadi perangkat pintar yang bersifat “pribadi” yang menyimpan banyak informasi penting pemiliknya. sebut saja seperti data aplikasi sosial media, data aplikasi mobile banking, data ewallet atau dompet virtual, atau data aplikasi perpesanan seperti whatsapp yang rawan untuk disalah-gunakan oleh orang lain.

Maka dari pada itu, pastinya tidak salah untuk menambahkan keamanan ekstra di HP anda untuk mengunci aplikasi yang ada di HP android anda agar tidak bisa diakses orang lain yang tidak berkepentingan. Walaupun kebanyakan HP saat ini telah dilengkapi dengan fitur kunci HP dengan pola atau password, tetapi kerap kali hal tersebut masih bisa “ditembus” apabila anda lupa mengunci HP, atau seseorang mengetahui password HP anda.

Dengan demikian, mengunci aplikasi penting pada HP anda maka secara otomatis akan memberikan keamanan ekstra terhadap data-data anda di HP sehingga orang lain tidak bisa mengakses aplikasi yang anda gunakan, walaupun bisa menembus password di HP anda.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android

Bagi anda yang ingin memberikan pengamanan berlapis pada HP anda dengan mengunci aplikasi, maka berikut cara mengunci aplikasi bagi anda pengguna HP android dimana kami akan membagikan 2 cara baik itu menggunakan aplikasi tambahan atau tidak. Penasaran, simak caranya sebagai berikut.

Baca juga  Aplikasi untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark di Android 2023

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Tanpa Aplikasi

Pertama, cara pertama ini bisa anda lakukan tanpa perlu ribet mendownload aplikasi tambahan yang bisa membuat memori HP anda menjadi penuh. Simak langkah-langkahnya dibawah ini, dimana kami akan membahas caranya untuk anda ikuti. Sebagai contoh, kami akan menggunakan HP Realme dalam menjelaskan langkah-langkah sebagai berikut,

  • Pertama, silahkan membuka menu pilihan “Pengaturan/Setting” dengan icon “Gear” di HP yang anda gunakan.
  • Kemudian selanjutnya, anda bisa memilih “Kata sandi & biometrik”
  • Lalu pada kolom bagian bawah klik menu “Kunci Aplikasi”
  • Anda bisa mencari aplikasi yang ingin anda kunci aplikasi sehingga tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.
  • Apabila anda telah memilih aplikasi mana yang ingin anda kunci, maka selanjutnya anda menggulir bulatan di sebelah kanan aplikasi yang anda pilih hingga berubah berwarna

Apabila anda telah selesai, maka nantinya secara otomatis aplikasi tersebut akan terkunci. Dan untuk membukanya akan membutuhkan akses berupa sidik jari, face unlock maupun PIN untuk membuka aplikasi tersebut sebagaimana pada pengaturan yang telah anda pilih sebelumnya.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengunci aplikasi di Hp anda adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Hal ini pastinya berguna bagi anda yang memiliki HP yang belum memiliki fitur pengunci HP. Simak dua aplikasi yang bisa anda gunakan sebagai berikut.

AppLock

  • Pertama, anda bisa mendownload aplikasi ini terlebih di google playstore anda dengan cara mengetik “applock” , lalu install
  • Apabila aplikasi sudah berhasil anda install, maka selanjutnya silahkan membuka aplikasi AppLock Pro
  • Pada halaman depan akan ditampilkan beberapa menu fitur yang bisa anda pilih.
  • Kemudian pilih menu “Secure Your Apps”, setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang bisa anda kunci.
  • Selanjutnya anda bisa memilih icon “gembok” hingga gambar gembok tersebut tertutup.
  • Nantinya anda bisa memilih beberapa pilihan model pengamanan mulai dari menggunakan PIN, pola, fingerprint bahkan face unlock tergantung dengan fitur di HP anda.
Baca juga  5+ Tablet Rp5 Jutaan Yang Canggih Untuk Kerjaan dan Tugas

AppLock Pro

  • Pertama, silahkan download aplikasi ini terlebih di google playstore anda, kemudian install
  • Setelah selasai, kemudian buka aplikasi AppLock Pro
  • Pada halaman depan akan ditampilkan beberapa menu fitur yang bisa anda pilih.
  • Kemudian pilih menu “Secure Your Apps”, setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang bisa anda kunci.
  • Selanjutnya anda bisa memilih icon “gembok” hingga gambar gembok tersebut tertutup.
  • Adapun untuk pemilihan pengamanannya, anda bisa menggunakan PIN, pola, fingerprint bahkan face unlock tergantung dengan fitur di HP anda.

Sekian informasi mengenai cara mengunci aplikasi di HP android baik dengan atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan maupun. Dengan menerapkan cara diatas, maka data di aplikasi penting anda pun akan semakin nyaman.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...