10 Game Edukasi Offline Anak Terbaik di HP dan PC

Date:

Share post:

Mencari game untuk anak tetapi bisa juga menjadi sarana belajar untuk anak? Berikut 10 game edukasi offline anak terbaik yang bisa dimainkan di HP dan PC.

Tidak bisa dipungkiri di era kemajuan teknologi seperti jaman sekarang, banyak anak-anak yang lebih menghabiskan waktu bermain gadget dengan bermain game di HP atau PC dibandingkan bermain diluar bersama teman sebayanya. Apalagi bagi orang tua yang terlalu “protektif” dan kuatir apabila anak bermain diluar dan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga memanjakan anak dengan gadget untuk bermain game dirumah.

Sehingga jangan heran apabila banyak anak sekarang yang bisa menghabiskan waktu berjam-berjam menatap layar gadget dan memainkan game favorit mereka.

Bagi anda para orang tua yang mengalami masalah serupa, anda bisa mengakalinya dengan memperkenalkan anak dengan game edukasi offline anak terbaik dimana anak bisa tetap bermain game yang menyenangkan untuk mereka tetapi juga bisa memberikan edukasi untuk menambah ilmu dan wawasan tanpa mereka sadari sehingga belajar pun akan lebih menyenangkan.

Berikut 10 game edukasi offline anak terbaik yang bisa dimainkan di HP dan PC yang bisa anda simak dibawah ini dimana game ini bisa anak mainkan sepuasnya tanpa anda harus kuatir akan menghabiskan kuota data internet anda, sebab game dibawah ini bisa dimainkan walaupun tanpa koneksi internet.

Game Edukasi Offline Anak Terbaik di HP dan PC

Game Edukasi Offline Anak

Game Edukasi Anak Lengkap

Pertama, rekomendasi game edukasi offline anak terbaik adalah Game Edukasi Anak Lengkap, yang dapat diunduh di Google Play Store.

Dengan memainkan game ini, daya ingat anak secara tidak langsung akan terasah dan terlatih dimana game Edukasi Anak Lengkap menyediakan beragam permainan mewarnai, pengenalan huruf, angka, warna, buah, dan binatang.

Pada game ini terdapat dua pilihan subtitle bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila anda ingin sekalian mengajari anak berbahasa asing, tidak ada salahnya memilihkan subtitle bahasa Inggris di game ini.

Trains, Cars & Games for Kids

Game edukasi anak berikutnya adalah Game Trains, Cars, & Games for Kids. Permainan ini dapat mengasah otak anak lebih kreatif. Apabila si kecil berusia 2-4 tahun, permainan edukasi anak ini tentunya sangat disarankan.

Anak akan belajar banyak hal dari game, mulai dari pengetahuan dasar tentang warna, huruf, maupun angka. Sebanyak 15 jenis game anak menarik tersedia di sini. Namun, hanya 5 jenis game saja yang bisa diakses gratis dan sisanya anda harus membayar.

ABC Kids-Tracing & Phonics

Bagi anda yang memiliki anak yang balita, maka game ABC Kids-Tracing & Phonics cocok untuk mengisi waktu luang anak dengan bermain sambil belajar. Game buatan developer RV AppStudios ini akan membantu anak belajar bentuk huruf dan mencocokkannya dengan huruf lain.

ABC Kids-Tracing & Phonics dapat langsung diunduh di Google Play Store (perangkat Android) dan AppStore (iOS) secara gratis.

Kids Puzzles-Wooden Jigsaw

Developer Skycap merilis game edukasi Kids Puzzles-Wooden Jigsaw khusus untuk anak balita dan usia pra sekolah. Sambil memainkan game ini, memori dan keterampilan motorik halus pada anak akan terlatih.

Baca juga  8 Rekomendasi Game Membangun Kota Terbaik di HP Android

Apalagi, game edukasi anak ini dilengkapi dengan beragam karakter kartun lucu favorit anak-anak mulai Mickey Mouse, Scooby Dooby Doo, Doraemon, Bugs Bunny, dan masih banyak karakter lainnya.

Children’s Doctor: Dentist

Game edukasi Children’s Doctor: Dentist ini cocok dimainkan anak, agar anak lebih tau cara merawat gigi dengan baik. Game ini juga bisa melatih kepekaan anak supaya tidak takut ketika berhadapan dengan dokter gigi.

Kids Farm

Game Kids Farm menjadi salah satu permainan edukatif untuk anak, supaya si kecil bisa belajar mengenal tanaman dan sayuran sedari dini. Mereka bisa tahu bagaimana cara menanam sayuran, merawat, menyirami, dan melindungi dari hama tanaman.

Game Edukasi Offline Anak di PC/Laptop

Bagi anda yang ingin membuat anak anda belajar dengan bermain game di PC atau laptop, berikut beberapa game edukasi offline anak yang bisa diakses di PC/laptop sebagai berikut.

Babysitting Mania

Babysitting Mania adalah salah satu game edukasi terbaik yang efektif untuk tumbuh kembang anak. Pada game ini, anak akan bermain menjadi seorang babysitter (penjaga bayi).

Nantinya, anak akan diminta untuk mengurus beberapa bayi dan melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju dan membuang sampah. Selain melatih daya nalar, anak harus bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam waktu yang sudah ditentukan dalam game.

Cake Mania 3

Bermain game edukasi Cake Mania 3 ini secara tidak langsung akan melatih kecepatan berpikir anak. Pada game ini, anak akan bermain sebagai seorang pengelola toko kue sekaligus koki yang handal. Anak akan diminta memasak berbagai makanan lezat.

Tapi tantangannya adalah dimana semua jenis makanan dan kue tersebut harus selesai sebelum waktu permainan habis. Game ini tersedia unntuk versi PC yang bisa anda download dengan gratis.

Baca juga  Tips Menggunakan Hero Miya Biar Sakit, Hindari Lakukan Hal Ini

Colouring Book

Sesuai dengan namanya, game edukasi anak Coloring Book akan melatih kemampuan menggambar dan mewarnai si anak. Anak bisa melatih dirinya sendiri dan meningkatkan pengetahuan untuk mengenali warna-warna baru. Dengan demikian daya imajinasi anak juga akan terasah.

Maze Book

Permainan edukasi anak terbaik yang bisa dimainkan di PC selanjutnya yaitu Maze Book. Untuk anak-anak berusia 6-11 tahun, Maze Book bisa tergolong salah satu game ringan. Cara bermainnya pun tidak rumit.

Terdapat beberapa fitur menarik pula di game Maze Book, seperti misteri labirin, kemampuan evaluatif, dan warna-warni menarik. Salah satu keunggulan game Maze Book adalah dapat dimainkan tanpa jaringan internet loh, alias offline.

Demikian informasi mengenai game edukasi offline anak terbaik yang bisa dimainkan di HP dan PC. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...